Kamis, 20 Januari 2011

Tips nyaman menonton ngayogjazz

  1. Sedia payung sebelum hujan. Ini bukan sekedar ungkapan, tetapi benar2 arti sesungguhnya. Menurut informasi dari saudara, ngayogjazz tahun 2009 lalu juga cuacanya tak bersahabat, gerimis hujan gerimis hujan. Sebaiknya pakai jas hujan saja, bukan payung karena payung bisa merepotkan karena harus ditenteng2 ke sana ke sini. Belum lagi kalau anda pegang kamera, bahkan poket sekalipun.Akan terlalu banyak barang yang harus anda kontrol. Ribet kan. Selain itu payung bisa menghalangi pandangan penonton di belakang Anda. Ketidakpekaan anda, sedikit saja, sudah bisa membuat penonton-penonton tersebut berteriak2 protes,”turunkan payung!” walau hujan sekalipun.Apalagi kalau yang sedang beraksi di atas panggung adalah artis yang ditunggu-tunggu. Selain hujan air, anda juga bisa hujan makian. Dengan hanya memakai jas hujan, selain tidak kehujanan, tangan anda lebih leluasa bergerak, pandangan penonton di belakang anda juga relatif tak terganggu. So, lupakan ego anda sejenak, menontonlah dengan nyaman tanpa mengurangi kenyamanan penonton di sekitar anda.
  2. Lupakan high heel & celana putih. Berdasar informasi juga, lokasi ngayogjazz selalu outdoor dan medannya tidak pernah cocok bagi yg gemar highheels-an. Perlu diingat, panggung ngayogjazz tidak hanya satu, bisa 3 bahkan 5 panggung dalam satu lokasi dengan jarak antar satu panggung dan lainnya bisa lebih dari 80m-an. Dan artis2 topnya tidak hanya terkumpul di satu panggung. Betis anda bisa gempor dipakai jalan kalau nekat pakai heels. Pakai sneaker, flat shoes bahkan sandal jepit pun sudah ok. Selain itu, tidak tersedia tempat duduk senyaman nonton konser di hotel bintang lima. Jadi kalau capek ya silahkan duduk di lantai pavingan, rumput atau tanah. Tentu celana putih membuat tidak nyaman untuk ndelesotan di tanah kan?
  3. Bekal koran bekas, sudah tahu kan buat apa? Ya buat alas duduk lah. Kecuali ga mo repot nenteng2 koran dan rela mencuci baju agak ekstra energy terutama di bagian yang dipakai duduk (nggak enak ngomongnya..hehehehe), maka silahkan duduk seadanya. Jangan lupa, selesai nonton, korannya jangan dibiarkan begitu saja, ambil dan buang di tempat sampah terdekat.
  4. Berdandan keren tentu sangat boleh tetapi tak usah buang banyak waktu di depan kaca hanya untuk dandan. Malem nda terlalu kelihatan bo, kecuali anda artisnya..hehehe. Selain itu, bila kehujanan, make-up lengkap sekalipun tetap akan luntur. Berdandanlah yg casual, tetap chic dan tidak perlu menor.
  5. Bila anda lebih suka datang bersama teman, pasangan ataupun keluarga, pastikan anda memilih teman yang seiman dengan anda. Artinya, jangan ajak pasangan ataupun teman yang anda tahu sangat tidak menyukai jazz, yang tidak hobi keluar malam, bahkan yang selalu ditelepon mamanya setiap pulang lewat dari jam 9 malam (ngayogjazz hampir selalu berakhir di atas jam 1 dini hari dan semakin malam, pertunjukkannya semakin bagus), yang tidak tahan gigitan serangga (karena lokasi selalu di lapangan terbuka, bahkan ngayogjazz 2011 ini di adakan di kebun semi2 hutan), yang tidak tahan kena hujan, dan menjadi rewel karena gangguan2 tersebut. Bahkan teman yang tak rewel pun tetapi anda tahu dia tidak nyaman dengan kondisi2 yang saya sebutkan tadi pun bisa membuat anda serba salah dan menjadi tidak nyaman menonton. Kalau anda cukup PD, menonton sendiri lebih baik, daripada anda jadi tidak menikmati.
  6. Jangan lupa kamera poket juga sudah cukup untuk koleksi pribadi. Jangan lupa perhatikan rule atau aturan main yang ada. Ada beberapa artis yang amat sangat terganggu dengan kilatan blits. Dan bisa dipastikan para bodyguardnya tidak akan segan-segan menegur anda yang bandel. So dari pada malu-maluin, tetapi anda masih kebelet menyimpan foto artis, dari rumah siapkan tripod (tripod mini saja untuk kamera poket), off-kan penggunaan blitz di kamera Anda atau gunakan shuter rendah untuk kamera-kamera SLR. 
  7. Bila waktu anda sempit, perhatikan dengan cermat peta lokasi dan di panggung-panggung mana saja artis favorit anda tampil. Selain itu perhatikan pula jam mainnya. Anda tidak perlu kalap telinga untuk menonton semua pertunjukkan. Pilih dua tiga pertunjukkan yang benar-benar ingin anda lihat, itu lebih membuat anda fokus untuk menikmati

Tidak ada komentar: